Monday, April 23, 2012

Secuil Tentang (Baca) Buku

Hari ini (23 April) adalah Hari Buku Sedunia (World Book Day), mendadak jadi ingin nulis secuil tentang buku. Untuk buku-buku yang telah menginspirasi, membuka, dan memenuhi kepalaku.

Bagiku buku itu bukan hanya tumpukan kertas yang dijilid rapi dengan deretan tulisan atau gambar di dalamnya. Namun juga seorang kawan di tengah perjalanan, kawan yang menenangkan diri dari hiruk pikuk keramaian, juga kawan yang berbicara dan bercerita tanpa gaduh. Entah sudah berapa banyak buku yang aku atau kita baca, dari kita mulai belajar membaca di sekolah, hingga saat ini.

Aku jadi ingat, salah seorang kawanku pernah bilang, “…percuma saja kalau kamu baca banyak buku tapi nggak pernah menulis apa yang sudah kamu baca. Membaca itu pasangannya adalah menulis, juga sebaliknya…”. Hal ini sama seperti kata @radityadika, “…kalau banyak baca ya harus banyak nulis. Membaca dan menulis itu ibarat dua sisi mata uang, tak dapat dipisahkan…” Well, rasanya seperti nampar wajah sendiri (harus rajin nulis!!).

Trus sekarang.. Aku baru ‘ngeh’ kalau di sudut kamarku bertumpuk beberapa buku yang harus aku baca. Novel, majalah, buku pelajaran bahasa Spanyol, semuanya tertumpuk dengan rapi seolah malu-malu melihatku (*gak nyambung…). Beberapa novel adalah pinjaman, jadi harus cepat-cepat dibaca dan dikembalikan ke sang empunya.. Smile

Selamat Hari Buku Sedunia!! – Banyak Baca, banyak nulis juga yaah Winking smile (ngomong sambil ngaca -_-)

No comments:

Post a Comment

You May Also Like

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...